SERTIFIKAT LAIK FUNGSI

Sertifikat Laik Fungsi Bangunan Gedung yang selanjutnya disingkat SLF adalah sertifikat yang diberikan oleh Pemerintah Daerah untuk menyatakan kelaikan fungsi Bangunan Gedung sebelum dapat dimanfaatkan. SLF diwajibkan untuk bangunan yang telah selesai dibangun sesuai IMB dan telah memenuhi persyaratan kelaikan teknis sesuai fungsi bangunan berdasar hasil pemeriksaan dari instansi maupun konsultan terkait.

Siapa yang melakukan pemeriksaan terhadap bangunan tersebut? tentu yang nanti melakukan inspeksi/pemeriksaan harus dilakukan oleh tenaga ahli yang memiliki keahlian dan bersertifikat khusus dalam bidangnya masing-masing. Apabila dilakukan oleh konsultan SLF, maka konsultan/perusahaan tersebut harus memiliki kualifikasi dalam bidang inspeksi bangunan dan memiliki tenaga ahli dalam hal inspeksi tersebut.

Menurut PP Nomor 16 Tahun 2021, Sertifikat Laik Fungsi wajib dimiliki sebelum Bangunan/ Gedung dimanfaatkan sesuai fungsinya.

MENGAPA BANGUNAN WAJIB MEMILIKI SLF ?

Karena Indonesia berlokasi di daerah rawan bencana maka Pemerintah melalui peraturannya PP No.16 Tahun 2021 mewajibkan SLF sebagai upaya pencegahan untuk penyedia jasa kontruksi tidak seenaknya dalam mebangun sutau bangunan yang dapat berakitbat seperti Kegagalan Bangunan

“kegagalan bangunan merupakan keadaan bangunan yang tidak berfungsi, baik secarakeseluruhan maupun sebagian, dari segi teknis, manfaat, keselamatan kerja dan keselamatan umum sebagai kesalahan penyedia jasa atau pengguna jasa setelah penyerahan akhir pekerjaan konstruksi”

APA SAJA BANGUNAN YANG WAJIB MEMILIKI SERTIFIKAT LAIK FUNGSI ?

Menurut PP No.16 Tahun 2021

1. Rumah Tinggal Tunggal dan Deret

2. Bangunan Publik (Mall, Kantor, dan Sarana Prasarana)

3. Bangunan Usaha (Ruko, dan Toko)

4. Bangunan Pabrik atau Industri

BERAPA TAHUN MASA BERLAKU SERTIFIKAT LAIK FUNGSI?

  • 20 Tahun untuk Rumah Tinggal Tunggal, dan Deret,
  • 5 Tahun untuk bangunan Publik, Usaha, dan Industri.

Jadi setelah SLF keluar, masa berlakunya seperti yang sudah dijelaskan diatas. Setelah masa berlaku atau mendekati habis pemilik bangunan wajib melakukan perpanjangan SLF kembali.

BAGAIMANA CARA PENGURUSANNYA?

Cara pengurusan SLF dilakukan oleh pihak ke 3 sebagai penyedia Jasa Penilai Bangunan, dalam hal ini bisa dikatakan Konsultan yang memiliki Tenaga Ahli Bersertifikasi.

Jika anda masih belum paham terkait pengurusan SLF atau masih kebingungan untuk mengurus slf kemana kami bisa membantu, hubungi kami contact person dibawah

EMAIL : rinca.studio@gmail.com

CALL/WA :  081385957298 Rinca Studio

PHONE : 081328256653

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.